Sunday, August 30, 2009

Bagian-Bagian Lowrider

Mendengar nama Lowrider seolah-olah membayangkan sepeda dengan kemudi yang tinggi dan sulit untuk mengendarainya. Padahal sebaliknya Lowrider dengan setang yang tinggi tersebut malah membikin kita semakin santai, nyaman, dan bertambah semakin keren sewaktu mengendarainya.Supaya kalian lebih mengenal tentang Lowrider disini akan saya definisikan beberapa bagian dari Lowrider tersebut.

1. Frame, merupakan kerangka dari sepeda.
2. Handlebar, merupakan bagian Lowrider yang berfungsi sebagai kemudi yang rata-rata mempunyai ketinggian 50cm.
3. Springer, bagian lowrider yang menggantikan fork biasa yang dimodifikasi dengan ditambahi skok supaya menambah kenyamanan saat sedang riding.
4. Banana Sheet, jok panjang ciri khas Lowrider.
5. Sissy bar, alat yang menyangga jok Lowrider di bagian belakang, mungkin bisa berfungsi sebagai tempat sandar jika sissy bar dalam bentuk panjang.
Belakangan trend naik sepeda bukan cuma untuk olahraga yang menyehatkan, tapi sudah bergeser menjadi arena bergaya. Tidak percaya ? Coba deh kita lihat yang ini.Ini dia yang namanya Lowrider, sebutan bagi sepeda hasil modifikasi. Istilah Lowrider muncul sebab pengendarai sepeda ini duduk di sadel yang lebih rendah dibanding sepeda lain alias ceper, sedangkan bentuknya terserah si pemilik mau dibikin gimana. Konon sepeda Lowrider pertama kali muncul di Amerika disekitar tahun 60 an pada saat mobil ceper lagi jadi trend dikalangan anak mudanya. Tapi karena tidak semua punya mobil akhirnya muncul ide modifikasi sepeda, seperti layaknya mobil ceper. Malah bukan hanya ketinggiannya dipendekin bagian lain sepeda juga di dandanin, karena bentuknya yang unik sepeda ceper pun akhirnya jadi trend tersendiri yang meluas ke mancanegara termasuk Indonesia. Bisa dibilang sejak sekitar tahun 2005 komunitas pencinta sepeda unik ini mulai menjamur ke tanah air. Secara umum sepeda Lowrider punya bentuk melengkung yang biasa disebut busur atau rainbow pada bagian tengah sasisnya. Terus ada juga yang disebut sepeda cewek ditandai dengan bentuk sasisnya landai melengkung kebawah.

No comments:

Post a Comment