Thursday, August 27, 2009

Komunitas Lowrider Jogja

SEPEDA angin modelnya ceper dengan stang tinggi dan panjang saat ini emang lagi ngetren. Mengadopsi gaya Amerika gitu sih katanya. Bentuknya emang beda ama sepeda umumnya, tapi tetep aja eye catching. Sepeda bentuk beginian emang nggak cuma enak digenjot, tapi juga asyik dipake mejeng dan berfoto-fotoan narsis untuk dikirim ke yayang. Apalagi dipake nampang muter-muter kampung. So pasti orang-orang pada ngeliat. Yupz, sepeda Low Rider, begitu sebutannya, emang banyak narik perhatian. Apalagi si pengguna biasanya juga berpenampilan keren, tak jarang mereka pake sepatu tebel. Tapi ada rahasia menarik di balik itu. Di Jogja, namanya yang empunya sepeda gituan jumlahnya udah buanyaaaak banget. Bahkan, kalo pas malem minggu, depan Benteng Vredeburgh Jogja selalu dipenuhi pengguna sepeda Low Rider. Mereka udah punya komunitas sendiri, namanya Low Rider Vredeburg. Kalau disingkat jadi KLOVER, he…he…he…keren juga ya namanya.

Salah satu pendiri Klover, Agun alias Arif Gunawan mengatakan, komunitas itu dibentuk sejak bulan April 2008 lalu. Awalnya, Klover menjadi tempat ngumpulnya beberapa anak pecinta sepeda modifikasi bentuk ceper disamakan dengan Moge alias motor gede. Ternyata dalam perkembangannya, bentuk itu makin beragam. “Kita emang menyadap budaya Amerika yang kita adaptasi jadi bentuk sepeda. Tapi kita tetap nggak lupa ama budaya asli kita koq,“ ujar Agun pemilik sepeda Low Rider seharga Rp 2,75 juta. “Kita emang udah lama suka ama Low Rider. Aku kecanduan gara-gara temen udah punya duluan,“ kata anggota Klover lainnya, Aji Bayu Dewantaka. menurut Aji, awal ketemunya dia dengan komunitas Low Rider pada tahun 2007. Yaitu saat nongkrong di Rabu Gaul UGM. ‘’Tahun 2008, tepatnya kapan aku dah lupa, kita pindah tongkrongan ke depan Vredeburg, karena lokasinya lebih strategis dan gampang dijangkau,“ imbuh Aji yang tercatat sebagai warga Sewon Bantul.

Sementara Klover anggotanya berasal dari berbagai penjuru Jogja. Mereka pun kebanyakan juga masih anak sekolahan yang seneng make Low Rider ke sekolah. ‘’Low Rider menambah penampilan kita jadi lebih cool,’’ tegas Aji. Soal proses pembuatan juga menarik. Diawali dari desain lalu cari-cari bahan. Ada yang pesen karena harus ngimpor dari negeri asalnya. Tapi ada juga diperoleh dari blusukan ke pelosok desa, plus tempat pembuangan sampah. “Semua itu sah demi kepuasan,“ sergap Agun yang ternyata sampe buka bengkel sepeda di Godean Bagaimanapun juga Low Rider itu punya kelemahan. ‘’Kalo pas ujan, mending tiduran di rumah. Sayang krom-nya,’’ alasan Agun. Selain itu, pengguna Low Rider disarankan make sepatu sol tebel. Ternyata bukan cuma untuk mejeng biar keren, tapi ternyata juga difungsikan untuk rem. ‘’Karena jarang banget low rider yang pake rem he…he…he…,’’ kata Agun sambil nyengir.

Kamus Praktis Low Rider
Ape Hanger : stang tinggi yang bikin penampilan mirip monyet gelantungan.
Banana Seat : sebutan untuk jok
Sissy Bar : sandaran jok
Rainbow : bodi sepeda
Massive Spokes : pelek yang make 144 jari-jari
Posted by indikasiradarjogja

No comments:

Post a Comment