Thursday, October 15, 2009

Lowrider Ala Yogyakarta

indosiar.com - Yogyakarta iklimnya cocok banget buat bersepeda. Makanya ngak heran kalau pemerintah daerah itu mencanangkan satu hari bersepeda dalam sepekan. Berbagai komunitas penyuka sepeda terbentuk di kota pelajar itu, termasuk penyuka sepeda unik lowrider.

Kalau melihat tampilannya sepeda ini seperti untuk anak kecil. Ukurannya mungil, tempat Rata Penuhduduknya pendek. Tapi ini dia yang dibilang sepeda lowrider, sepeda yang dimodifikasi beraneka bentuk dengan sadel lebih rendah dibanding sepeda biasa.

Bentuknya yang unik langsung mengaet banyak pengemar. Di tanah air, komunitas pencinta sepeda unik ini pun mulai bermunculan termasuk di kota Yogyakarta. Para pengemar lowrider di kota Yogyakarta punya komunitas sendiri - sendiri. Seperti Isak dan kawan-kawannya yang siang itu ketemu untuk sekedar ngobrol. Tentunya dengan sepeda kebanggaan masing-masing. Kalau ditanya, apa sih yang bikin kesemsem sama lowrider, jawabannya seragam, karena bentuknya yang unik dan eksklusif.

Karena namanya juga modifikasi, bentuknya pun sesuai imajinasi yang punya sepeda. Mulai dari bentuk stang, roda, rangka maupun aksesoris lainnya. Jadi bukan aja puas melihat hasil akhirnya, tapi juga ada kesenangan tersendiri waktu proses perakitannya.

Biasanya Sabtu malam para pengemar lowrider itu bakal ngumpul bermalam mingguan didepan benteng Vredeburg Yogyakarta. Kalau sudah ngumpul begini ni, yang paling asyik pastinya melihat sepeda yang baru dimodifikasi sambil membahas aneka modifikasinya. Nah dari ngumpul-ngumpul ini juga mereka saling tukar info soal lowri, sebutan sayang buat si lowrider. Seperti dimana bengkel yang oke, mencari aksesoris model yang diinginkan, pokoknya segala macam lah, nambah temen juga udah pasti.

Tapi walau asyik dilihat, bukan berarti enak juga lho untuk dikendarai. Karena berhubung judulnya lowrider, sepeda pun didesain sangat pendek sehingga mengayuh pedalnya jadi rada-rada ribet.

Lucu juga yang mas Onip ini, selama ini emang gimana mas kalau liat daun. Saking asyiknya punya sepeda ginian kalai ya, jadi bersepeda pun buat mas Onip semuanya kelihatan indah.

Nah untuk mewujudkan sepeda impian, harus siapin dana yang lumayan banyak juga, mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari bentuk yang kita inginkan. Supaya lebih irit, meski sabar dan rajin cari informasi tentang barang yang dicari dan katanya disitulah letak seninya punya sepeda lowrider
Tim Peliput: Gandung Jatmiko - Krisna Agung - Joni Suryadi
Produser : Arni Gusmiarni
Editor : Bagus Andriansari
Tayang : Rabu, 21 Januari 2009, Pukul 12.30 WIB


No comments:

Post a Comment