Friday, August 19, 2011

Honda-Yamaha Cepat, Ducati Tak Pusing

Honda-Yamaha Cepat, Ducati Tak Pusing. BRNO - Honda dan Yamaha sama-sama sudah mantap menghadapi era baru MotoGP 1.000 cc, mulai musim 2012 nanti. Motor baru kedua pabrikan Jepang itu menunjukkan kecepatan mengagumkan saat uji coba di Brno, Republik Ceko, Senin lalu (15/8).
Sekarang, tanda tanya ditujukan kepada Ducati, pabrikan kuat lain ajang balap dua roda tertinggi tersebut.

Untuk sementara, Ducati belum pusing. Andalan utama pabrikan Italia itu, Valentino Rossi, memang mengaku terkejut dengan kecepatan motor baru Yamaha. Tapi bukan berarti Ducati langsung ketinggalan. "(Sekarang) kami tahu kalau Honda dan Yamaha kompetitif. Sekarang, tinggal giliran kami menunjukkan kemampuan," ucapnya seperti dilansir Motorcycle News.

Di Brno, Ducati memang tidak menurunkan motor baru 1.000 cc. Mereka memilih terus menjajal Desmosedici GP11.1, yang pada dasarnya adalah sasis 2012 memakai mesin 800 cc.

Meski demikian, Rossi dan tim menegaskan mereka tidak akan ketinggalan. "Mesin (1.000 cc) kami sudah cukup cepat. Masalah kami bukan di situ, melainkan di bagian-bagian lain. Tentu (nantinya) akan sulit (mengejar), karena Honda dan Yamaha sudah terbukti cepat. Tapi kami akan mencoba," tandasnya.

Filippo Preziosi, direktur teknik Ducati, menjelaskan mengapa pihaknya memilih pakai GP11.1 di uji coba Brno. Dia bilang, pihaknya masih terus mencari setelan terbaik agar Rossi bisa makin kompetitif di sisa musim 2011 ini. Selain itu, segala improvement yang didapat pasti akan berguna untuk 2012 dan seterusnya.

"Kami memutuskan memakai motor 800 (cc) untuk menjajal sejumlah setelan ekstrem. Targetnya memberi para engineer kami panduan untuk motor-motor generasi selanjutnya," paparnya.

Rencananya, Rossi baru akan menjajal lagi motor 1.000 cc di uji coba di Misano, setelah Grand Prix San Marino, 2-4 September mendatang. Di sana, mungkin kita akan bisa membandingkan untuk kali pertama, Ducati 1.000 cc melawan motor-motor terbaru Honda dan Yamaha.

Sambil menunggu, muncul lagi satu alasan mengapa musim MotoGP 2012 bakal luar biasa. Dengan mesin lebih besar, top speed baru nanti diprediksi bakal gila-gilaan. Di trek lurus yang panjang-panjang, kecepatan di atas 350 km/jam disebut bakal gampang diraih!

Rossi mengaku kecepatan itu mudah dicapai, berdasarkan pengalaman uji coba 1.000 cc-nya di Mugello, Italia, beberapa pekan lalu. "Ketika saya menjajal motor itu di Mugello, ketika mencapai ujung trek lurus, saya sampai tertawa. Sangat cepat!" ungkapnya.

Casey Stoner, andalan Honda, menegaskan itu. "Merasakan power motor baru, kami seharusnya bisa mencapai 350 km/jam atau lebih. Itu bakal sangat menarik," ucapnya.

Saat ini, rekor top speed MotoGP tercatat 349,288 km/jam, diraih Dani Pedrosa naik Honda RC212V di Mugello, 2009 lalu. Sekitar 3 km/jam lebih cepat dari rekor era 990 cc dulu. Tahun depan? Kita tinggal menunggu rekor! Honda-Yamaha Cepat, Ducati Tak Pusing

No comments:

Post a Comment